Jakarta, KompasOtomotif – Sudah menjadi kebiasaan banyak orang, ketika akan memulai perjalanan, sepeda motor terlebih dahulu ”dipanasi”, dengan membiarkan stasioner dalam jangka waktu yang bervariasi. Apalagi sepeda motor sudah didiamkan dalam waktu yang lama (lebih dari 5 jam). Namun untuk sepeda motor injeksi, memanasi hendaknya tidak dibuat jadi agenda wajib.
Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM), menjelaskan, sepeda motor injeksi sudah jauh lebih ”pandai” ketimbang yang menggunakan karburator. Kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM) dan tak perlu menarik handel gas ketika dipanasi.
”Cukup 30 detik dan maksimal 1 menit. Biarkan stasioner saja, dan oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Tidak perlu digeber-geber karena akan sia-sia,” ujarnya kepadaKompasOtomotif, Selasa (22/4/2014).
Dengan memanaskan mesin tak lebih lebih dari satu menit, menurut Sarwono ada beberapa keuntungan. Pertama, mesin sudah mendapat sirkulasi oli dengan baik. Kedua, suhu mesin sudah cukup hangat untuk melakukan perjalanan (running), dan ketiga, efisien dalam penggunaan bahan bakar atau tidak banyak terbuang percuma saat dipanasi.
Sia-sia”Kalau terlalu lama (memanasi), bensin terbuang sia-sia. Sayang, lebih baik dibuat jalan. Lalu ada kemungkinan komponen lain seperti knalpot akan mengalami panas berlebihan. Bahkan bisa merusak cat knalpot tersebut,” jelasnya.
Andai tak dipanaskan pun, Sarwono berani menggaransi sepeda motor injeksi sudah siap diajak lari. Gejala ”brebet” ketika kurang panas, seperti yang sering dialami sepeda motor dengan karburator akan sangat jarang terjadi.
Salah satu bukti konkret, keberadaan tuas choke yang dulu dipasang untuk membantu ketika mesin sulit dihidupkan, kini sudah tak digunakan lagi. Bahkan saat ini keberadaannya sudah cukup langka untuk sepeda motor model baru. Pria ramah itu pun mengatakan bahwa sepeda motor fuel injection tidak memerlukan choke ,karena sudah mempunyai sensor yang mendeteksi suhu mesin, sehingga mudah dihidupkan.
Sumber : Otomotif Kompas.Com
Dampak Dan Efek Buruk Memanaskan Mesin Sepeda Motor
Posted by Semoga Selalu Dalam Ke Berkahan
Posted on 7:14:00 AM
Popular Posts
-
Jakarta, KompasOtomotif – Sudah menjadi kebiasaan banyak orang, ketika akan memulai perjalanan, sepeda motor terlebih dahulu ”dipanasi”, ...
-
Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan Hubungan Seksual Pada Saat Masa Kehamilan Klikdokter.c...
-
Cara Membuat Layanan Contact Us di Blog Form Contact Us merupakan pilihan lain bagi pengunjung blog yang ingin berkomunikasi secara p...
-
ISTRI yang shalihah merupakan dambaan setiap laki-laki. Sebagai seorang suami pasti menginginkan istri yang shalihah yang mampu menjalan...
-
Pernahkah anda mengganti drive nama flashdisk/hdd tapi tetap tidak berubah di my computer exlore anda?. Jika iya, lakukan langkah muda...
-
SUNGGUH, hampir saja kaki kita tergelincir kepada maksiat-maksiat besar kalau Allah tidak menyelamatkan kita. Dan kita bisa benar-benar...
-
Pengalaman hidup Gusti Nurul, putri KGPAA Mangkunegara VII (1855-1944), yang terlahir sebagai wanita Jawa keturunan ningrat, menyi...
-
DokterSehat.Com – Berhubungan intim tidak sekedar sebuah kewajiban setelah menikah, tetapi juga menjadi cara untuk mengikat keintiman suami...
-
Kisah Inspiratif ini menandakan bahwa dalam pernikahan itu tidak memberatkan seseorang harus memakai mahar yang besar atau tingi. Kisah ...
-
Pernah kah anda mengalami seperti saya?, windows tiba tiba tidak mendeteksi cdrom/dvdrom anda. Dalam kata mudahnya ialah "cd/dvd ...